Cara Menghemat Penggunaan AC Ruangan | Wajib Baca

cara mengatasi ac tidak dingin
AC Anda Bermasalah? Berikut Cara Mengatasi AC Tidak Dingin
April 4, 2017
cara mencegah ac bocor
Inilah Cara Mencegah AC Bocor Pada Unit Indoor | Tips Mudah
April 6, 2017

Cara Menghemat Penggunaan AC Ruangan | Wajib Baca

cara menghemat penggunaan AC

Cara menghemat penggunaan AC – Ac yang merupakan singkata dari Air Conditioner adalah salah perlengkapan rumah tangga yang digunakan untuk mendinginkan ruangan, selain umum digunakan sebagai pendingin ruangan rumah, AC juga umum digunakan untuk tempat kerja seperti kantor, tempat belanja atau tempat umum lainnya.

Meskipun AC digunakan sehari-hari, ternyata tidak sedikit yang mengetahui bagaimana cara menghemat penggunaan AC ini, sehingga biaya penggunaan listrik menjadi membengkak setelah menggunakan AC. Lebih parahnya lagi jika tidak paham bagaimana cara menggunakan AC atau menggunakan AC terlalu berlebihan akan membuat AC jebol.

cara menghemat penggunaan AC

Berikut adalah cara menghemat penggunaan AC:

  1. Jangan setel suhu pada remote AC Anda di bawah 22 derajat celcius

Menyetel AC pada angka 16 agar AC cepat dingin adalah cara yang salah, banyak orang yang tidak paham dengan sistem kerja AC sehingga melakukan hal tersebut.

Agar pengetahuan Anda sedikit terbuka, mari sedikit kupas bagaimana cara AC ini bekerja, yang penulis bahas adalah AC bukan inverter. Apabila Anda menyetel atau setting suhu remote AC adalah 22, maka kompresor AC akan bekerja untuk membuat suhu ruangan berada pada angka 22, jika AC mendeteksi suhu ruangan telah mencapai 22, maka kompresor akan berhenti bekerja, oleh karena itu angin yang keluar adalah angin biasa seperti kipas angin.

Masalahnya adalah jika Anda menyetel suhu remote di angka 16 yang merupakan suhu minimum, maka kompresor AC akan bekerja terus agar suhu ruangan berada pada angka 16. Hal ini akan membebani kerja AC, karena suhu ruangan atau kamar di indonesia tidak mungkin mencapai 16 derajat celcius.

Permasalahannya adalah jika anda menyetel suhu remote pada 16 (suhu minimum) maka kompressor AC akan terus bekerja agar suhu ruangan berada di 16. Masalah timbul karena kita berada di Indonesia dimana suhu kamar hampir tidak mungkin bisa berada pada 16.

Berikut adalah akibat jika suhu ruangan atau AC tidak mencapai 16, Kompresor AC akan terus menerus bekerja untuk mencapai suhu 16 yang tidak mungkin tercapai untuk wilayah Indonesia. Kompresor tidak pernah istirahat sehingga akan terus menerus bekerja 100%, oleh karena itu akan memperpendek usia kompresor.

Sedangkan untuk AC inverter maka kompresor akan terus menerus bekerja yang akan mengakibatkan sama selali tidak ada penghematan dibandingkan menggunakan AC biasa. Dalam kondisi normal, AC akan bekerja dengan cepat & keras untuk mendinginkan ruangan sebelum bekerja semaksimal mungkin, oleh karena kompresor terus menerus bekerja keras maka mengakibatkan biaya listrik AC dengan inverter akan membengkak.

Oleh karena itu dengan menyetel suhu remote minimal 22 maka Anda sudah tidak melakukan penghematan dan AC akan lebih awet.

Lalu bagaimana jika pada saat Anda pasang remote AC di 22 malah tidak dinign? Penjelasan ini akan kami bahas di point berikutnya.

  1. Pastikan Anda memilih PK AC tepat sesuai kebutuhan ruangan

Jika anda ingin memilih pk ac yang pas sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda, jika Anda menyetel remote AC pada angka 22 akan tetapi ruangan tidak dingin maka kemungkinan besar Anda telah salah memilih PK pada AC anda.

Berikut adalah panduan umum dari kami untuk memilih pk pada AC:

  • 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
  • 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
  • 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
  • 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
  • 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

Kami juga menyarankan Anda agar tidaak memilih pk AC, yang terlalu pas dengan ruangan Anda karena ada beberapa faktor lain akan mempengaruhi misalnya seberapa orang yang menggunakan AC di ruangan tersebut dan peralatan elektronik lainnya,, sehingga bisa memberikan panas tambahan pada ruangan.

  1. Lakukan Cuci AC Dengan Rutin Minimal 3 Bulan Sekali.

Cara menghemat penggunaan AC – Cucilah AC Anda Dengan Rutin Minimal 3 Bulan Sekali, AC yang kotor membutuhkan kerja extra untuk mendinginkan ruangan. Oleh karena itu, untuk mendinginkan ruangan yang biasa hanya membutuhkan kecepatan fan 1 saja, mungkin jadi membutuhkan kecepatan fan 2/3/maksimum.hal ini mengakibatkan kompressor AC akan bekerja lebih keras dari semestinya dan mengakibatkan AC cepat rusak dan akan lebih boros listrik.

Selain itu Anda juga harus memperhatikan unit AC outdoor atau luar ruangan karena jika sudah kotor atau berdebu, maka unit AC outdoor tersebut tidak akan bisa membuang panas dengan maksimal. Oleh karena itu, pastikan anda mencuci AC anda dengan rutin minimal 3 bulan sekali.

  1. Bersihkan Debu atau Kotoran Di Atas Lemari & Di Dinding Tembok Secara Rutin.

Musuh utama dari AC adalah debu. Debu yang menumpuk dan menempel di atas lemari atau dinding tembok akan disaring oleh AC sehingga menyulitkan kerja AC. Semakin banyak debu atau kotoran yang menempel pada AC maka akan mengakibatkan kerja AC yang semakin berat dan anda harus mencuci dan merawat AC lebih sering lagi.
Oleh karena itu, jangan hanya unit saja yang dibersihkan tapi kami sarankan anda untuk membersihkan debu atau kotoran diatas lemari dan dinding tembok secara rutin karena ini akan membantu kerja AC semakin baik.

  1. Hindari Buka atau Tutup Pintu Ruangan & Sebisa Mungkin Pasang AC Di Ruangan Tertutup.

Pada point sebelumnya Kita telah membahas bagaimana cara kerja AC, dimana AC akan berusaha mendinginkan ruangan, sehingga shuhu ruangan sesuai dengan suhu pada remote AC. Sehingga pada saat pintu ruangan dibuka tutup terus menerus maka suhu ruangan tidak stabil, hal ini diakibatkan karena hawa panas dari luar akan masuk ke dalam ruangan.

Kondisi ini akan membuat AC bekerja terus menerus agar suhu ruangan tetap stabil menyesuaikan suhu remote AC.

Jika AC anda dipasang diruangan terbuka, maka ruangan anda akan sangat sulit mencapai suhu yang diinginkan, sehingga AC akan terus menerus bekerja maksimal. Dalam ruangan terbuka yang luas, ruangan yang harus didinginkan menjadi sangat besar dan bisa mengakibatkan kerja AC akan diluar kemampuannya sehingga memperpendek umur AC..

  1. Jangan Langsung Menyalakan AC jika AC baru dimatikan.

Poin terakhir yang ingin penulis berikan adalah untuk menghindari langsung menyalakan AC anda jika AC baru dimatikan. Tidak jarang pengguna termasuk penulis, salah menekan tombol off pada AC sehingga langsung diteruskan dengan tombol ON.

Berikan jeda beberapa menit agar oli kompressor dan freon untuk kembali ke kompressor. Dengan melakukan hal ini maka kompressor AC anda akan lebih awet.

Tonton Video Cara menghemat penggunaan AC berikut ini:

Demikian artikel cara menghemat penggunaan ac, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan di rumah atau tempet kerja Anda.

Salam Sukses | CV. Rivadandesign – Jasa Sercive AC Sentral dan Chiller Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *