AC Anda Bermasalah? Berikut Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

cara menghemat penggunaan AC
Cara Menghemat Penggunaan AC Ruangan | Wajib Baca
April 3, 2017

AC Anda Bermasalah? Berikut Cara Mengatasi AC Tidak Dingin

cara mengatasi ac tidak dingin

Cara mengatasi AC tidak dinginAC adalah perlengkapan elektronik yang digunakan atau berfungsi untuk mendiginkan ruangan yang menyesuaikan dengan setting remote AC. Masalah datang ketika ternyata AC ruangan Anda malah tidak dingin, tapi Anda tidak perlu kawatir karena ada solusi cara mengatasi AC tidak dingin, untuk daerah DKI Jakarta rata-rata pengaturan suhu ruangan yang tepat adalah 20 sampai 23 derajat celcius.

mengatasi ac tidak dingin

Sebelum membahas masalah ac yang tidak dingin Anda harus tahu bahwa AC memiliki 2 jenis yaitu AC low watt dan AC inverter.

Pada beberapa kasus yang telah terjadi, AC bekerja dengan normal. Tapi udara sejuk dan dingin tidak dapat dirasakan oleh orang yang sedang berada di ruangan, hanya hembusan angin yang berasal dari blower (indoor), kasus seperti ini terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

Berikut Cara mengatasi AC tidak dingin

1. Settingan remote control yang tidak sesuai

Cara mengatasi AC tidak dingin point pertama, Periksalah mode yang terdapat pada remote control, apakah settingan sudah sesuai atu tidak, untuk mengatur agar hembusan udara sejuk atau dingin, settinga remote harus berada pada mode (Cool) atau (Auto). Pengaturan AC pada mode (FAN) tidak akand menghembuskan udara dingin melainkan blower saja yang bekerja sehingga hanya akan menghembuskan udara saja.

2. Kompresor tidak bekerja

Jika masalah atau kasus ini terjadi maka kipas outdoornya saja yang berputar atau bekerja, tapi kompresor tidak bekerja. Untuk mengetahui apakah kompresor-kompresor bekerja atau tidak, Anda bisa melakukan 2 langkah cara, yaitu mengecek arus listrik yang melewati kompresor atau tekanan refrigeran di dalam pipa. Untuk mengecek arus yang melewati kompresor, gunakan alat tang ampere, langkah selanjutnya adalah jetpi salah satu kabel yang masuk ke kompresor (bisa positif atau negatif), kemudian sesuaikan hasil pengukuran dengan arus listrik standar pada unit AC.

Setelah anda mengetahui kompresor tidak berfungsi atau tidak bekerja, lakukan langkah berikut untuk mengatasinya.

  • Periksalah tegangan listrik utama (PLN) di rumah atau kantor Anda. Jika tegangan listrik (volt-age) sangat rendah, segera lapor ke petugas PLN agar dilakukan pengecekan dan perbaikan.
  • Periksalah kapasitor dalam komponen kompresor, masih baik atau sudah rusak. Jika rusak, maka gantilah dengan kapasitor baru yang seukuran.
  • Periksalah bagian external overload motor protector, masih berfungsi atau tidak (rusak). Apabila rusak, ganti dengan komponen yang sejenis atau seukuran.
  • Periksalah kabel atau soket kelistrikan pada bagian outdoor, apakah ada bagian kabel atau soket yang telah rusak. Solusinya adalah perbaiki sambungan kabel dan soket listrik tersebut.
  • Periksalah putaran kipas outdoor, jika putarannya pelan atau lemah, itu artinya kapasitor kipas lemah. Segeralah ganti kapasitor.
  • Periksalah putaran kipas dengan tangan, apakah lancar atau tidak. Jika tidak, berarti bearing kipas outdoor macet atau seret. Segeralah ganti bearing kipas yang rusak. Bila tidak segera diatasi atau diganti, kompresor akan cepat panas (over head) karena tidak mendapatkan pendinginan maksimal kemudian overload akan memutuskan arus ke kompresor..
  • Jika kondisi diatas normal. Lakukan langkah terakhir, periksa kondisi kompresor. Jika rusak, segeralah ganti unit kompresor pada AC.

3. Kompresor bekerja normal, tetapi kipas outdoor tidak berputar.

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan langkah berikut.

  • Periksalah bearing motor kipas, apakah berputar lancar atau tidak. Untuk mengeceknya, matikan AC terlebih dahulu atau cabut stop kontak listrik utama Anda. Setelah itu, buka pelindung outdoor. Putar daun kipas menggunakan tangan. Kemudian perhatikan perputarannya. Apabila bearing macet atau sering menimbulkan suara gemericit, sebaiknya segeralah ganti bearing motor kipas.
  • Periksalah kondisi kapasitor kipas outdoor, masih baik atau sudah rusak. Jika kapasitor sudah rusak atau soak, gantilah dengan kapasitor baru yang sesuai dengan spesifikasi kapasitor lama.
  • Bila dua langkah diatas telah dilakukan, kemungkinan yang terakhir adalah masalah pada bagian dalam motor kipas, seperti masalah lilitan putus atau terbakar. Solusinya adalah ganti dengan motor baru atau bisa diperbaiki dengan cara menggulung ulang lilitan dalam motor kipas. Untuk menggulung ulang lilitan motor, sebaiknya serahkan saja ahlinya (tukang gulung dinamo).

Catatan :  kipas outdoor berfungsi untuk mendinginkan kondensor dan mempercepat pelepasan panas pada refrigeran. Bila kipas tidak bekerja maksimal atau berputar pelan, akan menyebabkan kompresor cepat panas. Panas yang berlebihan (over  heat) akan mengakibatkan overload pada motor protector sehingga memutus arus listrik ke kompresor. Akibatnya, kompresor tidak bekerja dengan baik. Bila kondisi ini terus dibiarkan, maka akan memperpendek usia penggunaan overload motor protector dan kompresor itu sendiri juga cepat rusak.

4. Kipas outdoor atau kompresor tidak bekerja

Untuk mengatasi masalah seperti ini, lakukan langkah-langkah berikut.

  • Untuk mengeceknya, tunggu beberapa saat. Biasanya, kipas out-door atau kompresor membutuhkan waktu sekitar 3 menit agar beroprasi ketika indoor sudah dinyalakan. Hal ini berfungsi untuk melindungi kompresor atau sistem AC agar tidak mudah rusak.
  • Periksalah thermistor atau relay yang terdapat pada bagian komponen PCB elektronik. Bila komponen ini rusak, segeralah ganti komponen relay dan thermistor. Karena apabila rusak, ketika kedua komponen ini bermasalah, arus listrik tidak akan mengalir ke bagian outdoor sehingga komponen kompresor dan komponen kipas outdoor tidak akan bekerja maksimal
  • Periksalah kembali setingan remote control, apakah mode telah dipilih sudah sesuai atau belum. Kipas outdoor atau kompresor akan menyala saat setingan remote berada dalam kondisi mode [COOL] atau [AUTO].
  • Periksalah sambungan kabel listrik yang menghubungkan bagian indoor atau outdoor, apakah ada yang putus, lepas atau kendor. Bils ada, segeralah perbaiki sambungan kabel yang bermasalah tersebut.

5. Kebocoran sistem yang bisa mengakibatkan refrigeran habis terbuang

            Untuk bisa mengeceknya, periksalah bagian napple pipa masuk dan keluar, apakah terdapat embun di bagian tersebut atau tidak. Sentuhlah bagian napple (pipa masuk atau keuar) menggunakan tangan, apakah terasa dingin atau tidak. Bila terasa dingin, berarti ada refrigeran yang keluar dari sistem. jika pada napple pipa masuk atau keluar tidak terasa dingin, sedangkan kompresor kompresor dan fan tetap bekerja, berarti ada kebocoran. Periksalah seleruh bagian pipa di bagian outdoor atau  indoor. Segeralah perbaiki kebocoran sistem dengan cara pengelasan.

6. AC bekerja Normal, tetapi Kurang Dingin.

            Kasus AC yang bekerja normal tapi tidak dingin ini sering disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut.

Tekanan Refrigeran yang berkurang.

Untuk mengeceknya, lakukan langkah-langkah berikut.

  • Periksalah arus listrik dan tekanan refrigeran dengan menggunakan alat tang ampere, apakah arus listrik pada komponen kompresor dan tekanan refrigeran sistem sesuai dengan standar yang telah ditentukan atau tidak. Biasanya, arus listrik standar bisa Anda dilihat pada bagian name plat unit AC.
  • Atau cara lain, lakukanlah langkah pengecekan tekanan sistem menggunakan charging manifold, apakah tekanannya telah sesuai atau belum.

Catatan  :  saat melakukan pengisian refrigeran,  unit AC harus dalam kondisi normal ( tidak bermasalah). Selain itu juga sirip evaporator, filter serta kondensor dalam keadaan bersih, tidak tersumbat, bengkok atau bahkan bocor.

7. Embun udara blower indoor lemah.

Cara mengatasi ac tidak dingin point ke 7, Untuk mengatasi hal ini, periksalah putaran blower indoor. Hembusan blower indoor harus memenuhi dua syarat sebagai berikut ini.

  • Hembusan harus merata keseluruh permukaannya. Bila tidak, periksalah blower indoor, apakah terdapat bagian yang patah atau tidak. Selain itu, bisa juga disebabkan karena sirip-sirip evaporator yang kotor oleh karena itu sirkulasi udara menjadi tidak lancar. Lakukanlah pemeriksaan, terutama pada bagian blower indoor yang hembusan udaranya tidak terlalu kencang. Bila sirip-sirip evaporator rusak, segeralah diganti dengan sirip-sirip evaporator baru atau bersihkan dengan menggunakan pompa steam bila kondisi sirip-sirip sangat kotor. Agar menyakinkan sirip-sirip evaporator sudah benar-benar bersih atau belum, gunakanlah lampu senter untuk menerangi bagian komponen tersebut  agar terlihat dengan jelas.
  • Pastikan hembusan udara blower cukup kencang. Bila tidak, bersihkan blower indoor dengan menggunakan pompa steam. Atau jika tidak, cek kondisi motor blower indoor dan kapasitor, apakah dalam kondisi baik atau tidak. Bila keduanya rusak, gantilah komponen tersebut dengan spesifikasi yang sama.

Baca juga : Cara Menghemat Penggunaan AC Ruangan | Wajib Baca

8. Kompresi kompresor melemah.

            Indikasi kompresi kompresor yang sudah melemah bisa terlihat dari bunyi atau suara kompresor yang keras, arus listrik (ampere) kompresor lebih rendah dari kondisi standar kompresor serta tekanan refrigeran yang melebihi standar. Jika kasus diatas terjadi, itu artinya kompresor sudah rusak dan harus segera diganti dengan yang baru.

9. Kondisi filter refrigeran (strainer), pipa kapiler, saluran evaporator, dan kondensor yang telah tersumbat.

            Tersumbatnya aliran sistem pendingin bisa disebabkan oleh kotoran, kerak atau serpihan logam yang terbawa oleh aliran refrigeran. Untuk mengetahui masalah aliran sistem yang tersumbat atau tidak, Anda bisa memeriksa bagian strainer. Sentuh dibagian strainer dengan tangan.  Jika terasa dingin atau bahkan mengembun, dipastikan telah terjadi penyumbatan aliran. Solusi adalah refrigeran harus dikeluarkan seluruhnya dari sistem. Setelah itu, sistem dibersihkan dengan menggunakan udara yang bertekanan agar kotoran terlepas atau bisa menggunakan dorongan udara dari kompresor AC itu sendiri. Bila kondisi filter ( strainer) rusak, gantilah dengan yang baru.

10. Daya atau kapasitas pendinginan AC yang tidak sesuai dengan kapasitas luas ruangan.

            Daya atau kapasitas AC yang digunakan harus disesuaikan dengan luas ruangan Anda.Contohnya, untuk kamar tidur berukuran 9-10 m2  menggunakan AC dengan daya ½ PK serta ukuran ruangan 36-40mmenggunakan AC dengan daya 2 PK.

11. Ventilasi terbuka atau terdapat celah udara yang membuat udara keluar-masuk ruangan.

            Cara mengatasi ac tidak dingin point terakhir adalah Pastikan ruangan yang ber-AC benar-benar tertutup. Sebaiknya, hindarilah keseringan membuka pintu ruangan terlalu lama, karena AC akan berusaha kembali menyesuaikan suhu ruangan berkali-kali setelah adanya ruangan yang terbuka karena pintu yang terbuka atau jendela.

Tonton Video Cara Mengatasi AC Tidak Dingin Berikut

Demikian Cara Mengatasi AC Tidak Dingin, semoga bisa memberikan solusi bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan AC di ruangan Anda.

Salam Sukses – Rivadandesign Jasa Service AC Sentral Chiller Perusahaan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *